Pendapat Anda adalah hasil dari analisis objektif dan rasional selama bertahun-tahun.

Pendapat Anda adalah hasil dari analisis objektif dan rasional selama bertahun-tahun.

You Are Not So Smart - David McRaney KESALAHAN: Pendapat Anda adalah hasil dari analisis objektif dan rasional selama bertahun-tahun. KEBENARAN: Pendapat Anda adalah hasil dari bertahun-tahun memperhatikan informasi yang menegaskan apa yang Anda yakini, sementara mengabaikan informasi yang menantang praduga Anda.

Pernahkah Anda melakukan percakapan di mana beberapa film lama disebutkan, sesuatu seperti The Golden Child , atau bahkan mungkin sesuatu yang lebih tidak jelas?

Anda menertawakannya, mengutip kalimat-kalimat darinya, bertanya-tanya apa yang terjadi dengan aktor-aktor yang tidak pernah Anda lihat lagi, dan kemudian Anda melupakannya.

Sampai. . . Anda membalik saluran pada suatu malam dan tiba-tiba Anda melihat The Golden Child sedang bermain. Aneh.
Hari berikutnya Anda membaca berita, dan entah dari mana menyebutkan film-film yang terlupakan dari tahun 1980-an, dan sial, ada tiga paragraf tentang The Golden Child . Anda melihat trailer malam itu di teater untuk film Eddie Murphy baru, dan kemudian Anda melihat papan iklan di jalan yang mempromosikan Charlie Murphy melakukan stand-up di kota, dan kemudian salah satu teman Anda mengirimi Anda tautan ke sebuah pos di TMZ menampilkan foto terbaru aktris dari The Golden Child . Apa yang terjadi disini? Apakah alam semesta mencoba memberi tahu Anda sesuatu? Tidak. Beginilah cara kerja bias konfirmasi.

Sejak percakapan dengan teman-teman Anda, Anda sering membalik saluran; Anda telah melewati banyak papan reklame; Anda telah melihat lusinan cerita tentang selebriti; Anda telah melihat beberapa trailer film. Masalahnya, Anda mengabaikan semua informasi lainnya, semua hal yang tidak terkait dengan The Golden Child . Dari semua kekacauan, semua potongan data, Anda hanya memperhatikan bagian-bagian yang memanggil kembali sesuatu yang ada di atas otak Anda. Beberapa minggu yang lalu, ketika Eddie Murphy dan petualangannya di Tibet masih tenggelam di bawah tumpukan budaya pop di dasar tengkorak Anda, Anda tidak akan memberikan perhatian khusus untuk merujuk padanya.

Jika Anda berpikir untuk membeli merek mobil baru tertentu, Anda tiba-tiba melihat orang-orang mengendarai mobil itu di jalan. Jika Anda baru saja mengakhiri hubungan lama, setiap lagu yang Anda dengar sepertinya ditulis tentang cinta. Jika Anda memiliki bayi, Anda mulai melihat bayi di mana-mana. Bias konfirmasi adalah melihat dunia melalui filter. Contoh-contoh di atas adalah semacam versi pasif dari fenomena tersebut. Masalah sebenarnya dimulai ketika bias konfirmasi mendistorsi pencarian aktif Anda akan fakta.

Punditry adalah industri yang dibangun di atas bias konfirmasi. Rush Limbaugh dan Keith Olbermann, Glenn Beck dan Arianna Huffing-ton, Rachel Maddow dan Ann Coulter — orang-orang ini menyediakan bahan bakar untuk keyakinan, mereka melakukan pra-filter dunia agar sesuai dengan pandangan dunia yang ada. Jika filter mereka seperti filter Anda, berarti Anda menyukainya. Jika tidak, Anda membenci mereka. Anda memperhatikan mereka bukan untuk informasi, tetapi untuk konfirmasi.

Hati-hati. Orang senang diberi tahu apa yang sudah mereka ketahui. Ingat bahwa. Mereka merasa tidak nyaman saat Anda memberi tahu mereka hal-hal baru. Hal-hal baru . . . yah, hal-hal baru bukanlah yang mereka harapkan. Mereka ingin tahu bahwa, katakanlah, seekor anjing akan menggigit manusia. Itulah yang dilakukan anjing. Mereka tidak ingin tahu bahwa manusia menggigit anjing, karena dunia seharusnya tidak terjadi seperti itu. Singkatnya, apa yang orang pikir mereka inginkan adalah berita, tetapi yang sebenarnya mereka dambakan adalah yang lama. . . Bukan berita tapi lama, memberi tahu orang-orang bahwa apa yang mereka pikir sudah mereka ketahui adalah benar. Selama pemilihan presiden AS 2008, peneliti Valdis Krebs di

menganalisis tren pembelian di Amazon. Orang-orang yang telah mendukung Obama adalah orang-orang yang sama yang membeli buku-buku yang melukiskannya secara positif. Orang-orang yang tidak menyukai Obama adalah mereka yang membeli buku-buku yang melukisnya secara negatif. Sama seperti pakar, orang tidak membeli buku untuk mendapatkan informasi, mereka membelinya untuk konfirmasi. Krebs telah meneliti tren pembelian di Amazon dan kebiasaan pengelompokan orang di jejaring sosial selama bertahun-tahun, dan penelitiannya menunjukkan apa yang diprediksi oleh penelitian psikologis tentang bias konfirmasi: Anda ingin benar tentang cara Anda melihat dunia, jadi Anda mencari informasi yang mengonfirmasi keyakinan Anda dan hindari bukti dan pendapat yang kontradiktif.

Penelitian setengah abad telah menempatkan bias konfirmasi di antara batu sandungan mental yang paling dapat diandalkan. Jurnalis yang ingin menyampaikan berita tertentu harus menghindari kecenderungan untuk mengabaikan bukti yang sebaliknya; ilmuwan yang ingin membuktikan hipotesis harus menghindari merancang eksperimen dengan sedikit ruang gerak untuk hasil alternatif. Tanpa bias konfirmasi, teori konspirasi akan berantakan. Apakah kita benar-benar menempatkan manusia di bulan? Jika Anda mencari bukti bahwa kami tidak menemukannya, Anda dapat menemukannya.

Dalam sebuah penelitian Universitas Minnesota 1979 oleh Mark Snyder dan Nancy Cantor, orang membaca sekitar seminggu dalam kehidupan seorang wanita imajiner bernama Jane. Sepanjang minggu, Jane melakukan hal-hal yang menunjukkan bahwa dia bisa menjadi ekstrover dalam beberapa situasi dan tertutup dalam situasi lain. Beberapa hari berlalu. Subjek diminta untuk kembali. Peneliti membagi orang menjadi beberapa kelompok dan meminta mereka membantu memutuskan apakah Jane cocok untuk pekerjaan tertentu. Satu kelompok ditanya apakah dia akan menjadi pustakawan yang baik; kelompok lainnya ditanya apakah dia akan menjadi agen real estat yang baik. Di kelompok pustakawan, orang-orang mengingat Jane sebagai seorang yang introvert. Di grup real estat, mereka mengingatnya sebagai seorang ekstrovert.

 Setelah ini, ketika setiap kelompok ditanya apakah dia akan pandai dalam profesi lain, orang-orang terjebak dengan penilaian awal mereka, mengatakan dia tidak cocok untuk pekerjaan lain. Studi ini menunjukkan bahkan dalam ingatan Anda, Anda menjadi mangsa bias konfirmasi, mengingat hal-hal yang mendukung bahkan keyakinan yang baru-baru ini sampai dan melupakan hal-hal yang bertentangan dengannya. Sebuah penelitian di Ohio State pada tahun 2009 menunjukkan orang menghabiskan 36 persen lebih banyak waktu untuk membaca esai jika esai itu sesuai dengan pendapat mereka. Studi lain di Ohio State pada tahun 2009 menunjukkan klip subjek acara parodi The Colbert Report, dan orang-orang yang menganggap diri mereka konservatif secara politik secara konsisten melaporkan "Colbert hanya berpura-pura bercanda dan benar-benar bersungguh-sungguh dengan apa yang dia katakan."

Seiring waktu, dengan tidak pernah mencari antitesis, dengan mengumpulkan langganan majalah, tumpukan buku, dan berjam-jam menonton televisi, Anda bisa menjadi begitu percaya diri dalam pandangan dunia Anda sehingga tidak ada yang bisa menghalangi Anda. Ingat, selalu ada seseorang di luar sana yang bersedia menjual bola mata kepada pengiklan dengan menawarkan pemirsa terjamin dari orang-orang yang mencari validasi. Tanyakan pada diri Anda apakah Anda termasuk dalam audiens itu. Dalam sains, Anda mendekati kebenaran dengan mencari bukti yang bertentangan. Mungkin metode yang sama juga dapat menginformasikan pendapat Anda.

Comments
Silahkan, saya ga nggigit !

Suscribe